creative souls @ Merakit Diri

Merakit Diri, sebuah wadah informasi, inspirasi dan edukasi bagi perempuan yang ingin mengetahui tentang eksplorasi diri, self-healing dan relaksasi sebagai gaya hidup kreatif.


Temukan berbagai informasi, inspirasi dan edukasi menarik tentang gaya hidup kreatif di Merakit Diri. Jadikan kebiasaan gaya hidup kreatif sebagai cara untuk lebih mencintai diri dan sadar diri, karena, sesungguhnya, self-awareness adalah satu hal penting untuk mendukung kesehatan mental diri.


Di Merakit Diri, kami mengajak perempuan Indonesia untuk lebih menyayangi diri sendiri dengan, salah satunya, berkegiatan kreatif. Kenapa kita harus merakit diri? Karena dengan merakit diri, kita dapat mengetahui tentang siapa diri kita, apa yang kita mau, apa yang kita suka dan kemana tujuan hidup kita dengan cara yang lebih kreatif. Kita merakit diri sendiri untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan sebagai bentuk self-care. No judgement. Just do it for fun.


Merakit Diri diambil dari Bahasa Indonesia “Merakit” dan “Diri”. Merakit artinya, menurut KBBI, adalah menyusun dan menggabungkan bagian-bagian sampai dapat berfungsi dengan baik. Sedangkan menurut beberapa informasi, ada sebuah kata Meraki yang berasal dari Bahasa Yunani. Kata yang sering digunakan orang Yunani modern untuk mendeskripsikan melakukan sesuatu dengan jiwa, kreativitas, atau cinta. It’s when you put “something of yourself” into what you’re doing, whatever it may be. (npr.org)


Kata Meraki juga mewakili konsep Merakit Diri, yaitu eksplorasi diri, self-healing dan relaksasi. Ketiganya merupakan proses merakit diri untuk kesehatan jiwa yang dilakukan untuk mencintai diri sendiri dengan mengasah kreativitas. 


Merakit diri merupakan sebuah proses juga.  Bukan jalan pintas.  Semua proses itu butuh usaha, jerih payah dan perjuangan.  Bukan hasil akhir yang menentukan segalanya tetapi prosesnya yang akan membentuk diri kita masing-masing. Proses merakit diri.


Semoga Merakit Diri banyak memberikan inspirasi, manfaat dan motivasi untuk mencapai tujuan hidup perempuan Indonesia. Yuk kita mulai kreatif merakit diri!

Karinka Ngabito

Mom of 1,


Creative Arts

Practitioner, 

Art Facilitator,

Creativepreneur.


and a lifelong learner.

Pengalaman hidup sebagai ibu tunggal dari satu putri membuat saya ingin berbagi mengenai proses kreatif yang banyak membantu diri sendiri dan putri saya dalam berbagai hal, khususnya mengatasi proses berduka setelah suami saya meninggal.  Salah satu proses kreatif yang saya lakukan   sebagai proses healing adalah mengikuti kelas menulis dan melahirkan beberapa buah buku antologi dan sebuah buku solo berjudul Pesan Cinta, tentang mendiang suami sebagai kenang-kenangan abadi untuk saya dan putri saya.  Sebuah buku memoar hasil karya self-healing saya. (Tentang Pesan Cinta)


Semenjak lulus kuliah jurusan komunikasi, saya aktif bekerja di dunia kreatif sebagai desainer grafis, craft tutor, dan membuka wirausaha kreatif dalam industri kerajinan tangan dan kuliner hingga sekarang. Meskipun sejak remaja hobi menulis, namun hobi ini baru muncul kembali di masa pandemi COVID-19. Kini, saya tetap aktif melakukan pelatihan kreatif untuk anak-anak dan sesama ibu serta terus menambah ilmu dalam bidang kreatif dan well-being, khususnya pelatihan therapeutic arts dan tahun ini saya melanjutkan kuliah pascasarjana jurusan Psikologi Sosial Kesehatan.


Mind Art Exercise adalah program yang saya buat untuk turut mempromosikan pentingnya menjaga kesehatan emosional lewat seni terapeutik dan kreativitas, karena saya merasakan sendiri begitu besarnya manfaat seni dan kreativitas bagi kesehatan mental saya, khususnya dalam perjalanan self-healing.


Blog: www.kreasikarinka.com 

it's you!

Join us!


Yuk! Kita kolaborasi. Kirim biodata dan tulisan ke email Merakit Diri ya!

It's you!

join us!


Yuk! Kita kolaborasi. Kirim biodata dan tulisan ke email Merakit Diri ya!