2 Teknik Deep Breathing untuk Relaksasi

Tarik napas panjang. Sepertinya hal yang kita butuhkan dalam masa-masa seperti ini ya. Membantu relaksasi banget!


Saya bukan orang ahli apalagi tenaga klinis dalam hal deep breathing. Saya hanya ingin berbagi manfaat yang saya dapatkan setelah mengikuti beberapa kelas counseling, ikut IGlive para psikolog dan psikiater yang mengajarkan teknik deep breathing ini.


Sejak bulan Juni, saya mulai coba-coba teknik deep breathing ini atas saran seorang psikolog tapi baru akhir-akhir ini saya lakukan rutin.


Untuk saya, teknik box breathing lebih cocok diterapkan kalau saya sedang merasa panik, mau marah atau kesal atau takut/cemas akan sesuatu. Ketika mau vaksin, saya merasa gelisah dan mulai deh tuh sendawa-sendawa ga jelas. Saya duduk lalu mempraktekkan tarikan napas box breathing hingga badan dan pikiran merasa lebih tenang.


Teknik 4-7-8 efektif bagi saya yang punya masalah gangguan tidur. Susah banget mau merem dan mulai tidur. Setelah mempraktekkan teknik ini, matanya cepet jadi mengantuk loh, pikiran tenang, badan jadi rileks dan pas bangun pagi rasanya lebih segar.
Awal pertama mencoba, memang agak terasa pusing sedikit tapi lama-lama biasa sih.


Yuk dicoba juga. Siapa tau cocok dan bermanfaat juga untuk kalian. Mulai saja perlahan hingga merasa tenang. Selamat mencoba!