Eksplorasi Diri

Setiap manusia pasti mempunyai potensi diri baik secara alami maupun melalui pengalaman hidup seperti pendidikan atau proses belajar.  Potensi diri adalah suatu hal yang bisa dikembangkan baik secara alami maupun berdasarkan pengalaman, dan salah satu caranya adalah dengan eksplorasi diri.    Siapa yang tak ingin belajar dan berkarya sesuai bakat dan minatnya? Pastinya kalau kita melakukan pekerjaan sesuai dengan kesukaan kita, segalanya akan menjadi menyenangkan.  Kendati awalnya tak bisa belajar atau berkarya sesuai minat kita karena situasi tertentu, hal itu tak menjadi masalah karena tetap ada proses belajar dan pada akhirnya mungkin kita akan menemukan apa yang kita senangi. Tak ada salahnya untuk terus mencoba, bukan?

Eksplorasi diri akan membuat kita lebih mengenal diri kita.  Siapakah aku? Apa yang aku sukai? Apakah yang aku ingin lakukan dalam hidup ini? Melalui cara self-talk atau berdiskusi dengan diri sendiri akan memudahkan kita dalam menggali potensi diri termasuk memahami emosi diri sendiri.  Menurut psychologicaltoday.com, berbicara dengan diri sendiri bisa bermanfaat secara positif maupun negatif.  Self-talk positif dapat digunakan untuk menenangkan diri dan meningkatkan kepercayaan diri.   Sayangnya, sifat manusia cenderung berbicara negatif kepada dirinya sendiri, termasuk kalimat negatif seperti “Aku tidak dapat melakukan apapun dengan benar”, “Aku gagal” atau “Aku tidak bisa”.  Jadi usahakan kalimat afirmasi positif yang selalu kita katakan kepada diri sendiri, ya.

Bagaimana kita bisa memulai eksplorasi diri?  Salah satu profesor edukasi dari Harvard, Howard Gardner, mengembangkan teori multiple intelligence puluhan tahun lalu dalam bukunya yang berjudul Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. Menurut American Insitute for Learning and Human Development, dalam perkembangannya, Dr. Gardner mengusulkan delapan kecerdasan berbeda untuk menjelaskan potensi diri manusia yang lebih luas pada anak-anak dan orang dewasa. Kecerdasan tersebut adalah:

8 Multiple Intelligences ole Dr. Gardner

1. Kecerdasan linguistik (word smart)

2. Kecerdasan matematika dan logika (number/reasoning smart)

3. Kecerdasan visual dan spasial (picture smart)

4. Kecerdasan musik (music smart)

5. Kecerdasan interpersonal (people smart)

6. Kecerdasan intrapersonal (self smart)

7. Kecerdasan kinestetik (body smart)

8. Kecerdasan naturalis (nature smart)

Teori kecerdasan di atas memberikan ide dan inspirasi bagi kita untuk melihat potensi diri mana yang bisa kita eksplor lebih lanjut lagi. Dengan mengenali dan mengeksplorasi diri satu atau beberapa kecerdasan diatas melalui kursus, hobi, atau program pengembangan diri lainnya, dapat memberikan kesempatan diri kita untuk semakin berkembang.

Nah, kecerdasan mana yang ingin kamu eksplor lebih lanjut? Setiap pilihan yang kamu pilih pastinya bisa mengasah bakat kreativitas. Yuk, kita mulai eksplorasi diri kita!