Relaksasi

Setiap orang pasti mengalami stres dengan tingkat yang berbeda-beda.  Tingkat stres yang semakin tinggi pastinya membuat kita berpikir tidak jernih dan tidak melakukan kegiatan dengan baik seperti biasanya. Produktivitas bisa jadi menurun, mood menjadi tidak karuan, yang pada akhirnya bisa mempengaruhi kesehatan kita.  Oleh karena itu, mengelola stres sangat penting dilakukan untuk kesehatan karena dengan mengelola tingkat stres, badan akan terasa lebih rileks dan pikiran menjadi lebih tenang.  

Melakukan kegiatan kreatif adalah salah satu cara relaksasi menurunkan tingkat stres.  Menurut Houston Behavioral Health Care, saat kita berada dalam tingkat stres yang rendah, kita akan merasa lebih kreatif, ceria dan rileks. Saat tingkat stres kita mulai meningkat, kita mulai menjadi mudah tersinggung, cemas, dan gugup sehingga tingkat stres terus berkembang sampai kita tidak memiliki kendali atas pemikiran atau emosi kita.

Ciptakan rutinitas harian yang memenuhi kebutuhan relaksasi tubuh kita dengan makan makanan sehat, istirahat yang cukup, berinteraksi sosial dan, yang tak kalah pentingnya, menyempatkan waktu tenang untuk diri sendiri atau lebih sering disebut “me time”.  Me-time sangat bermanfaat untuk relaksasi tubuh dan pikiran.  Apalagi untuk kaum ibu, me time adalah hak kaum ibu yang sangat istimewa dan waktunya sangat berharga.  Betul kan, Ibu-ibu?

Salah satu relaksasi me time yang bisa kita lakukan adalah dengan melakukan kegiatan kreatif.   Melukis, bermain musik, berkebun, memasak, fotografi, atau lainnya adalah hobi yang menenangkan dan bermanfaat yang dapat menurunkan tingkat stres sehingga, secara mental, pikiran kita terasa jernih dan tenang. Tentunya kegiatan lain seperti liburan, olah raga, meditasi, pijat refleksi, pergi ke salon, atau sekedar berkumpul dengan teman juga bisa membuat kita rileks ya.  Apapun kegiatannya, pastinya akan mengalihkan perhatian kita sejenak dan memberi waktu pada otak untuk beristirahat dari rutinitas kegiatan dan pikiran sehari-hari.  Konon, pikiran yang rileks adalah pikiran yang kreatif.

Relaksasi baik untuk kesehatan mental, mengelola tingkat stres dan kecemasan karena “happy hormones” yang dilepaskan.  Melalui relaksasi, tubuh kita mengeluarkan hormon-hormon yang membuat bahagia, seperti hormon dopamin, oksitosin, serotonin dan endorfin.  Hormon-hormon tersebut akan membantu kita merasakan cinta, kesenangan, kebahagiaan, meeningkatkan imun tubuh dan hal menyenangkan lainnya.

Nah, sudah siap relaksasi dengan merakit diri secara kreatif?